Home » , , » Istilah Penting dalam Dunia Komunikasi Seluler

Istilah Penting dalam Dunia Komunikasi Seluler

Written By Syahrullah Syam on Sabtu, 09 Maret 2013 | Sabtu, Maret 09, 2013

Istilah Penting dalam Dunia Komunikasi Seluler | Sudah taukah kalian semua dengan apa itu Komunikasi Seluler ? atau pada umumnya disebut Sistem Komunikasi Bergerak Seluler ? Dikatakan demikian dikarenakan Usernya dapat bergerak dalam radius yang ditentukan tergantung sinyal cakupan dari suatu BTS ( Base Transciever Station ). Atau dengan kata lain dikehidupan sehari hari kita dapat menelpon, sms dll secara bergerak dikarena- kan mendapat cakupan sinyal dari BTS terdekat ( Perhatikan Tower yang biasanya ada di daerah Anda masing-masing ). Sebagai awalnya disini kami ingin memperkenalkan tentang Istilah Penting dalam Dunia Komunikasi Seluler agar dapat memhami sistem komunikasi seluler itu sebenarnya.
Berikut ini Istilah Penting dalam Dunia Komunikasi Seluler :
- BTS : Base Transciever Station yang mana menan- gani lalu lintas pensinyalan telepon seluler , alokasi kanal salurandan penerimaan. Berisi peralatan pe- nerima ( Transmitter ) serta pengirim ( Receiver )
- Cell : Area cakupan dari suatu BTS, dimana dalam Cell inilah orang orang dalam melakukan panggilan telepon.  
- Cluster : Kumpulan dari beberapa cell suatu BTS 
- Frekuensi Hopping : peristiwa loncatnya suatu si- nyal frekuensi ke frekuensi lain diakibatkan kualitas sinyal di frekuensi awal dibawah ambang batas yang ditentukan. 
-Frekuensi Reuse : Pengalokasian spektrum frekuen- si secara berulang. Biasanya menggunakan rumus K= I kuadrat + IJ + J kuadrat, dengan syarat I = bilan- gan bulat dan J tidak lebih besar atau sama dengan I.
- Handover : Suatu peristiwa berpindahnya kanal yang diakibatkan sinyal di MS (Mobile Station/ Handphone ) dibwah ambang batas kualitas standar.
- Hard Handover : Suatu peristiwa perpindahan ka- nal yang mana ada yang dalam cell yang berbeda namun MSC yang sama serta ada juga yang berbeda MSC.
- High Performance : Sebuah antena yang diguna- kan BTS untuk mejadi penghubung antar BTS satu dengan yang lainnya. High Performance ini men- ghubungkan link to link.
- Obstacle : Sebuah penghalang dalam sistem ini yang biasanya berupa gedung gedung tinggi, bangunan, gunung yang lebih tinggi dari BTS yang dibangun nantinya.
- Omni Directional : Sebuah antena yang digunakan BTS untuk mencakup suatu wilayah tertentu, ini- lah yang menghasilkan cakupan wilayah ( Cell ) sehingga orang dapat  berkomunikasi. Omni Directional ini memancarkan sinyal ke segala arah agar dapat di terima MS.
- Roaming : Perpindahan status HLR (Home Local Register ) ke VLR (Visitor Local Register ). Ataupun perpindahan BTS yang satu dengan yang lain den- gan MSC ( Master Switch Control ) yang berbeda.
- Soft Handover : Suatu peristiwa perpindahan kanal dalam suatu Cell yang sama serta MSC yang sama   

Itulah tadi beberapa mengenai Istilah Penting dalam Dunia Komunikasi Seluler semoga ini menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua.

sumber : blogpanik.blogspot.com
Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger