Home » , , » Pengertian Bisnis Afiliasi atau Affiliate

Pengertian Bisnis Afiliasi atau Affiliate

Written By Syahrullah Syam on Selasa, 06 Agustus 2013 | Selasa, Agustus 06, 2013

Pengertian Bisnis Afiliasi atau Affiliate ~ Kali ini saya akan memberikan informasi tentang pengertian bisnis afiliasi atau affiliate. Mungkin anda sudah tahu karena bisnis afiliasi atau affiliate ini sangat marak di internet atau juga anda belum tau apa itu afiliasi ?. Bisnis afiliasi atau biasa disebut affiliate merupakan salah satu bidang bisnis di Internet. Afiliasi merupakan konsep penjualan online yang melibatkan pemilik barang, perantara, dan pembeli dalam transaksi penjualan barang di dunia maya. Di dalam dunia nyata, afiliasi bisa disamakan dengan broker, calo, makelar, sponsor, atau perantara. Seorang yang menjadi perantara di dalam bisnis internet, biasanya disebut affiliate. Afiliasi sejatinya berbeda dengan bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang mencari downline untuk mencari pendapatan. Perbedaan yang nyata, Anda sebagai affiliate benar-benar mendapatkan pendapatan dari komisi menjual barang milik pedagang lain (merchant) tanpa harus mencari downline

Pengertian Bisnis Afiliasi atau Affiliate
Pengertian Bisnis Afiliasi atau Affiliate
Ada tiga komponen yang terlibat dalam bisnis afiliasi yaitu : 
1. Merchant (pedagang)
Yaitu pihak yang memiliki barang atau jasa yang dijual melalui internet. Barang jasa yang dijual bisa berupa barang nyata (elektronik, buku, perhiasan, dan lainnya), barang maya (e-book, template web, dan lainnya), jasa (sewa domain, hosting, dan lainnya).

2. Affilate (perantara)
Affiliate merupakan pihak perantara untuk menjual atau mengarahkan pembeli untuk membeli barang dan jasa dari pedagang, agar terjadi transaksi sehingga orang tersebut akan mendapatkan komisi dari transaksi yang berhasil.

3. Customer (pembeli)
Customer atau pembeli adalah pihak yang membeli barang dan jasa yang ditawarkan oleh affilate melalui internet. Pembeli tentunya akan memilih dalam membeli atau bertransaksi di internet, sesuai dengan penawaran yang menarik dan menggiurkan dari para affiliate. 

Jika anda terjun ke dalam dunia afiliasi dan menjadi seorang affiliate, maka prospek cerah dalam menghasilkan uang melalui internet akan terbuka lebar. Dikatakan memiliki prospek yang cerah karena beberapa alasan berikut ini:

1. Modal yang diperlukan dalam membangun bisnis afiliasi sangat murah, bahkan bisa gratis sama sekali. Dengan demikian, Anda sudah bisa membangun bisnis afiliasi berperan sebagai affiliate hanya dengan bermodal sebuah blog gratisan saja.

2. Tidak diperlukan tempat atau kios dalam memamerkan barang atau jasa yang akan dipromosikan, karena hanya butuh internet dan media penunjang yang cukup murah, seperti blog dan situs
jejaring.

3. Banyak pilihan bagi Anda seorang affiliate, karena Anda dapat menjual dan memasarkan ratusan bahkan ribuan jenis produk milik merchant yang ingin dijualkan oleh Anda sebagai seorang affiliate marketing.

4. Tidak memerlukan biaya produksi, karena barang yang Anda jual tentunya diproduksi oleh penjual/merchant.

5. Tidak diperlukan kemampuan public speaking seperti marketing di dunia nyata pada umumnya, karena Anda hanya perlu kemampuan dan usaha sebagai internet marketing.

6. Sebagai affiliate, Anda tidak perlu repot dalam mengurusi masalah order dan pengiriman barang, karena semua sudah diatur dan ditangani oleh merchant.

7. Tidak perlu stok barang, karena stok barang sudah disediakan oleh Merchant.

8. Tidak memerlukan karyawan, ini sangat jelas karena Anda hanya perlu bermodal blog dalam mengelola barang yang akan dipromosikan. Dengan tidak diperlukan karyawan ini, akan menghemat pengeluaran Anda sebagai pebisnis internet.

9. Tidak perlu menghadapi komplain dari pelanggan, karena pelanggan/pembeli akan melakukan komplain ke penjual langsung sebagai pemilik barang (merchant). Tidak diperlukan biaya sama sekali (gratis) untuk mendaftar menjadi affiliate ke penyedia jasa affilate (penjual). Oleh karena itulah Anda perlu hati-hati dalam memilih program afiliasi, agar tidak terjebak di layanan afiliasi berbayar yang justru hanya menguntungkan merchant.

10. Tidak ada perjanjian yang memikat, karena jika Anda telah bergabung dengan layanan bisnis afiliasi manapun, dan akan berhenti sebagai affiliate maka Anda dapat langsung berhenti dalam mempromosikan produk.

11. Dapat menjadi ladang passive income untuk Anda. Anda dapat menghasilkan uang ketika Anda sedang liburan, ke kantor, bahkan tidur sekalipun, karena proses transaksi secara otomatis diatur oleh merchant sebagai pemilik barang. 

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan ketika menjadi affiliate marketing, maka Anda akan rugi jika tidak mulai sekarang terjun ke dalamnya. Bisnis Afiliasi juga dapat digunakan oleh pebisnis internet pemula yang ingin menghasilkan uang melalui internet, karena selain modal yang dibutuhkan tidak banyak, bisnis afiliasi juga mudah dijalankan bagi pemula sekalipun. 

Itulah tadi mengenai  Pengertian Bisnis Afiliasi atau Affiliate dan tunggu artikel berikutnya tentang cara kerja bisnis afiliasi atau affiliate
Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger