Home » , » Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1434H Diprediksi Serentak 8 Agustus 2013

Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1434H Diprediksi Serentak 8 Agustus 2013

Written By Syahrullah Syam on Rabu, 07 Agustus 2013 | Rabu, Agustus 07, 2013

Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1434H Diprediksi Serentak 8 Agustus 2013 ~ Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya bagi seluruh Umat Islam di dunia setelah sebulan lamanya berpuasa. Hari dimana semua kembali fitri yang artinya bersih dari segala dosa. Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1434H di indonesia diprediksi serentak yaitu pada tanggal 8 Agustus 2013 namun keputusan tetapnya setelah pemerintah beserta alim ulama serta ormas-ormas Islam melakukan sidang Isbat sebentar malam.
 
Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1434H
Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1434H
Prediksi jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1434H diperkuat oleh LAPAN yang dikutip dari sidomi, “Idul Fitri kemungkinan sama. Karena pada saat itu hilal positif terlihat di seluruh wilayah Indonesia dengan ketinggiannya hampir mencapai 3,4 derajat.” kata Prof. Dr. Thomas Djamaluddin yang merupakan Deputi Bidang Sains, Pengkajian Informasi, dan Kedirgantaraan.

Hal serupa juga sama diungkapkan oleh Said Aqil Siradj yaitu Ketua Umum PB NU. “Kalau berbarengan (dengan Muhammadiyah) kemungkinan ada, tapi kita belum bisa memastikan,” kata Said yang dikutip dari sidomi. Walaupun belum bisa menetapkan kapan 1 Syawal, bergantung pada sidang isbat, tapi kemungkinan besar Idul Fitri akan dirayakan bersama-sama.

Sedangkan Muhammadiyah sendiri melalui ketua umumnya Din Syamsuddin seperti yang dikutip dari tempo mengatakan lembaganya sudah menetapkan bahwa Lebaran akan jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013. Din Syamsuddin mengungkapkan, Muhammadiyah menetapkan akhir Ramadan jatuh pada 7 Agustus 2013 pukul 04.15. Dia menjelaskan pada 7 Agustus 2013 itu terjadi konjungsi, di mana bumi, bulan dan matahari berada pada garis lurus dengan ketinggian tiga derajat. " Majelis Tarjih Muhammadiyah sudah menetapkan Salat Id 1434 Hijriah jatuh pada 8 Agustus," Kata Din Syamsuddin yang di kutip dari tempo.

Namun keputusan ada pada pemerintah yang akan menetapkan kapan Hari Raya Idul Fitri 1434H di laksanakan. Kita tunggu saja keputusannya sebentar malam melalui sidang Isbat mudah-mudahan tidak adalagi perbedaan penetapan kapan Hari Raya Idul Fitri Dilaksanakan.

Itulah mengenai  Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1434H Diprediksi Serentak 8 Agustus 2013 semoga informasi ini bermanfaat buat anda.
Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger