Home » , , » Tips Menjaga Dokumen dan Data Penting agar tidak hilang Demi Keamanan Informasi

Tips Menjaga Dokumen dan Data Penting agar tidak hilang Demi Keamanan Informasi

Written By Syahrullah Syam on Senin, 02 Januari 2012 | Senin, Januari 02, 2012

Artikel kali ini saya akan membahas Tips Menjaga Dokumen dan Data Penting agar tidak hilang Demi Keamanan Informasi. Bayangkan apa dampak yang timbul jika file atau dokumen anda yang penting hilang.
Yang jadi masalahnya, apakah Anda yakin sudah melakukan langkah-langkah pencegahan seperti mem-backup data atau dokumen penting anda?
Keamanan Dokumen
Berikut Tips Menjaga Dokumen dan Data Penting agar tidak hilang  untuk menjamin keamanan informasi.

Mengubah dokumen ke format digital adalah salah satu cara untuk menjamin adanya satu salinan yang aman dan Anda bisa mengakses informasi itu dengan segera saat ada bencana atau keadaan darurat yang tidak di inginkan yang menyebabkan dokumen atau data penting anda hilang.

Berikut ini beberapa Tips Menjaga Dokumen dan Data Penting agar tidak hilang Demi Keamanan Informasi agar tetap aman dan bisa diakses:

1. Gunakan scanner (pemindai) biasa untuk membuat salinan digital dari berbagai dokumen, termasuk catatan finansial, polis asuransi, form sumber daya manusia, dan lain-lain.

2. Buat file digitalnya dalam format yang standar, seperti .pdf atau .jpg, hal ini akan memungkinkan Anda mengakses file tersebut dari perangkat apapun tanpa khawatir soal kompatibilitas.

3. Selain kertas-kertas penting, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan digitalisasi gambar, video, dan multimedia lain yang digunakan perusahaan Anda dalam operasional dan pemasaran.

4. Saat proses pengarsipan selesai, salin informasi itu ke dalam CD atau DVD dan simpan di tempat aman seperti safe deposit box di bank atau kirimkan juga ke penasihat hukum Anda.

5. Karena aset perusahaan Anda bisa berubah secara signifikan dari tahun ke tahun, lakukan pembaruan arsip setahun sekali -- atau, setidaknya, lakukan setiap kali ada perubahan aset yang signifikan.

6. Membuat arsip digital dari informasi penting akan membantu melindungi perusahaan Anda dari kejadian tidak terduga dan menyediakan sebuah backupseandainya dokumen fisiknya hilang atau tidak bisa diakses.


Itulah Tips Menjaga Dokumen dan Data Penting agar tidak hilang Demi Keamanan Informasi semoga bermanfaat.

 sumber : Vivanews.com
Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger