Home » » Teori Penyebab Penyakit Pada Manusia

Teori Penyebab Penyakit Pada Manusia

Written By Syahrullah Syam on Kamis, 13 Juni 2013 | Kamis, Juni 13, 2013

Teori Penyebab Penyakit Pada Manusia itulah judul artikel yang akan saya share buat anda. Dalam dunia kesehatan ada berbagai macam teori penyebab penyakit yang terjadi pada manusia. Teori-teori ini berkembang seiring berkembangnya zaman. Mungkin yang bergelut dalam kesehatan artikel ini bisa jadi bahan referensi dan bagi kita sebagai orang awam akan mengetahui bagaimana penyakit itu bisa terjadi dan menyebar sehingga kita dapat menjaga kesehatan dengan baik.

Teori Penyebab Penyakit Pada Manusia
Teori Penyebab Penyakit Pada Manusia
Teori Penyebab Penyakit Pada Manusia ada banyak namun yang akan saya share yaitu 6 teori saja.
1. Teori Contagion yaitu penyakit terjadi akibat kontak antara satu orang dengan orang lain. Teori ini berkembang berawal dari pengamatan terhadap penyakit kusta di Mesir.

2. Teori Hippocrates yaitu penyakit timbul akibat pengaruh lingkungan (air, udara, tanah, cuaca, dll). Namun tidak dijelaskan kedudukan manusia dalam interaksi tersebut dan tidak dijelaskan faktor lingkungan bagaimana yang dapat menimbulkan penyakit

3. Teori Humoral yaitu penyakit timbul akibat gangguan dari keseimbangan cairan dalam tubuh. Tubuh terdiri dari 4 cairan (putih, kuning, merah dan hitam). Bila terjadi ketidak keseimbangan, timbul penyakit. Jenis penyakit tergantung pada jenis cairan yang dominan. Teori ini berkembang dari Cina

4. Teori Miasma yaitu penyakit timbul akibat sisa makhluk hidup yang mengalami pembusukan sehingga menyebabkan pengotoran udara dan lingkungan sekitarnya. Contoh paling sering terjadi infeksi contohnya pada infeksi saluran pernapasan.

5. Teori Jasad Renik  yaitu penyakit disebabkan oleh jasad renik. Pada teori ini jasad renik (germ) dianggap sebagai penyebab tunggal penyakit. Teori ini berkembang setelah ditemukannya teknologi mikroskop. 

6. Teori Ekologi Lingkungan yaitu manusia berinteraksi dengan berbagai faktor penyebab dalam lingkungan tertentu. Pada keadaan tertentu akan menimbulkan penyakit. Jumlah dan lama terpapar akan menyebabkan penyakit.

Sebagai kesimpulan dari teori-teori diatas bahwa setiap penyakit mempunyai sebab akibatnya. Kita sebagai manusia harus bisa menjaga kesehatan diri dan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit. Sebagai manusia kita harus hidup bersih, indah dan damai. Cintailah kebersihan karena kebersihan merupakan sebahagian dari iman. 
Itulah sedikit pemaparan tentang Teori Penyebab Penyakit Pada Manusia lebih dan kurangnya mohon di maafkan karena penulis bukan ahli dalam bidang kesehatan. Penulis hanya ingin berbagi karena itulah nama dari blog ini Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua.
Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger