Home » » Cara Merawat Motor Matic

Cara Merawat Motor Matic

Written By Syahrullah Syam on Senin, 29 Juli 2013 | Senin, Juli 29, 2013

Cara Merawat Motor Matic ~ Motor matic merupakan motor yang banyak digunakan sekarang ini karena kemudahan dan penampilannya yang keren. Bahkan di berbagai kota di Indonesia telah banyak dijumpai klub-klub motor matic. Untuk itu pengendara motor matic juga harus tau cara merawat motornya agar awet dipakai dan bisa bertahan lama. Cara merawat motor metic memang gampang-gampang susah apalagi jika kita tidak mengetahui bagian-bagian motor dan fungsinya masing-masing. Namun anda tidak perlu khawatir silahkan anda mengikuti cara merawat motor matic yang saya paparkan di bawah ini.
Cara Merawat Motor Matic
Cara Merawat Motor Matic
Berikut ini Cara Merawat Motor Matic agar tetap awet.

1. Panaskan terlebih dahulu mesin motor sebelum digunakan. Biarkan mesin menyala sekitar 1-5 menit. Tujuan adalah agar oli pelumas mesin bisa melumasi onderdil yang ada di dalam mesin.

2. Jangan sering mengubah kecepatan laju motor pada saat berkendara di jalan. Contohnya ketika melaju cepat tiba-tiba mengerem atau sebaiknya. Dengan cara seperti itu bisa memperpendek usia mesin.

3. Lakukan servis rutin secara berkala setidaknya 2-3 bulan sekali atau ketika motor sudah mencapai batas 2000 km penggunaan.

4. Lakukan penggantian oli mesin secara berkala setidaknya 1-3 bulan sekali jika pemakaian motor sering dan jarak jauh sebaiknya 1-2 bulan sekali. Hal ini untuk membuang oli yang telah kotor dan tentunya menjaga tingkat kekentalan oli mesin. Selain itu cek juga oli shockbreaker. Penggunaan single sispensi pada motor matic akan lebih maksmal apabila rutin mengganti oli setiap 10 km sekali.

5. Selalu perhatikan kondisi tanki bensin. Jangan sampai membiarkan kondisi tangki bensin dalam keadaan kosong. Sebaiknya anda mengisi bensin sebelum jarum pengukur bensin menunjukkan E.

6. Jika mengganti spare part gunakan spare part asli dari masing-masing pabrikan motor matic anda agar kualitasnya terjamin dan bergaransi.

7. Selalu periksa busi dan aki. Sebab kedua perangkat tersebut membuat motor matik bertenaga dan melaju kencang. Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru dan orisinil.

8. Yang perlu diperhatikan juga adalah dengan memeriksa kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika sudah tidak layak gantilah dengan yang baru dan orisinil. Selalu perhatikan ruang transmisi, karena pada ruangan ini terdapat komponen yang rentan kotoran. Bersihkanlah ruang transmisi secara berkala setiap 4 ribu km.

9. Selalu Periksa kondisi ban agar tetap aman berkendara. Jika ban sudah gundul silahkan ganti yang baru. Periksa juga tekanan angin pada ban agar berkendara jadi enak.

10. Selalu periksa semua komponen motor matic anda seperti rem, lampu, setelan gas dll untuk keamanan berkendara.

Itulah mengenai Cara Merawat Motor Matic semoga bermanfaat bagi anda.
Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger