Home » » Pengertian Motherboard Pada Notebook

Pengertian Motherboard Pada Notebook

Written By Syahrullah Syam on Senin, 22 Juli 2013 | Senin, Juli 22, 2013

Pengertian Motherboard Pada Notebook ~ Seperti halnya dalam komputer PC, motherboard dalam notebook memilki fungsi utama sebagai penempatan alat-alat atau komponen untuk menunjang komputer agar dapat menjalankan fungsinya. Perbedaannya dengan PC selain bentuknya lebih kecil, semua komponen lainnya serba integrated. Pada notebook tidak ada slot-slot seperti pada PC (kecuali slot memori, prosesor dan VGA outboard). Tetapi digantikan oleh PCMCIA berupa keeping kotak tipis sekuran kartu. Konektor IDE floppy pun tidak ada dan biasanya hardrive langsung dihubungkan dengan konektor yang tertempel di motherboard. 
 
Pengertian Motherboard Pada Notebook
Motherboard Pada Notebook
Motherboard notebook tidak memilki slot VGA karena VGA telah terintegrasi pada rangkaian mainboard. VGA notebook dapat dibedakan ke dalam dua golongan, yaitu share dan nonshare. VGA share adalah VGA yang tidak memiliki memori sendiri sehingga mengambil sebagaian memori dari RAM sedangkan VGA nonshare adalah VGA yang memilki memori sendiri. Konektor-konektor seperti parallel, serial, port USB, audio out, speaker sudah tersedia dan umumnya generasi Pentium 4 ke atas sudah tidak lagi memakainya, kecuali USB, VGA out, dan audio. Cirri yang dimiliki motherboard notebook, yaitu tidak memilki jumper-jumpter seperti pada motherboard PC.

Chipset Motherboard
 
Chipset Motherboard  Pada Notebook
Chipset Motherboard  Pada Notebook
Chipset berfungsi untuk mengatur dan membagi aliran listrik serta membagi fungsi-fungsi di dalam motherboard. Chipset dapat dikenali dengan membaca label yang tercantu pada permukaannya. Beberapa jenis chipset memberikan fasilitas VGA on board dan soundcard on board meskipun kinerjanya tidak sebaik VGA dan soundcard add-on. Jenis chipset yang digunakan pada motherboard akan menetukan bebrapa hal berikut: 
• Tipe processor yang dapat digunakan
• Jenis memori yang bias mendukung system notebook dan kapasitas maksimumnya 
• Tipe display yang bisa digunakan 
• Lebar data pada motherboard yang bisa didukung 
 
Slot Processor 
 
Slot Processor pada notebook
Slot Processor Notebook
Slot processor di motherboard notebook sangat berbeda dengan slot processor di motherboard PC. Str processor notebook menggunakan processor mobile tetapi beberapa notebook ada yang menggunakan str processor. Letak perbedaannya adalah jika mengunakan processor PC, power yang digunakan akan semakin besar. Sedangkan jika menggunakan processor mobile akan lebih menghemay baterai karena power disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.

Slot Memori/RAM/SODIMM 

Slot Memori/RAM/SODIMM Pada Notebook
Slot Memori/RAM/SODIMM Pada Notebook
Slot memori di notebook sangat berbeda dengan slot memori PC, ukurannya pun berbeda. Ukuran memori notebook hanya setengah dari memori PC, otomatis tempat pemasangannya pun berbeda. Fungsi dari slot memori adalah untuk meletakkan RAM. RAM ( Random Access Memory ) merupakan memori eksternal sebagai tempat penyimpanan data sementara akan diproses oleh prosesor.

Bermacam-macam jenis memori RAM tergantung dari system cara kerja dan desainnya. Notebook menggunakan jenis memori DDR-SDRAM, DDR2-SDRAM, dan DDR3-SDRAM. Jenis RAM notebook menggunakan module SODIMM ( Small Outline Dual In line Memory Module ). Bila ingin membeli RAM untuk notebook, pilih tipe SODIMM dari jenis DDR-SDRAM, DDR2 atau DDR3, tergantung spesifikasi notebook yang digunakan.

Itulah pemaparan singkat tentang Pengertian Motherboard Pada Notebook semoga bermanfaat bagi anda.
Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger