Home » » Fungsi Chipset

Fungsi Chipset

Written By Syahrullah Syam on Rabu, 09 November 2011 | Rabu, November 09, 2011

Kita semua pernah mendengar tentang chipset terakhir dari Intel, VIA, Nvidia dan lainnya dan seberapa besarnya kemampuan mereka.Tetapi apa sebenarnya fungsi chipset pada motherboard. Kita tahu apa fungsi dari CPU , kita tahu fungsi dari grafik card dan mengapa kita butuh yang namanya harddisk akan tetapi tidak banyak orang tahu mengenai chipset. Dengan harapan kita dapat mendapat titik terang dari penjabaran tentang chipset dan mengapa mereka berbeda dari yang satu dengan yang lain.
North danSouth bridge?
Sebuah chipset mengandung dua microchip utama .Yang mana diketahui dengan sebutan North bridge dan south bridge. North bride menangani data untuk AGP port dan memori utama yang mana termasuk FSB (Front Side Bus). Walaupun kedua chip tersebut adalah dibutuhkan Pc untuk bekerja pada North Bridge menangani kebanyakan perintah penting seperti koneksi antar CPU dan memori utama.South bridge menangani data dari PCI dan ISA slot dan komponen yang terinteregasi seperti Audio codec's dan seterusnya.
North dan south bridges akan mempunyai perbedaan nama chip walaupun mereka lebih sering digabungkan dengan bridge sama yang berlawanan dibawah namakolektif dari chipset tersebut.
Catch the Bus
Fungsi dari chipset adalah memanage arus data . Semua data yang dibutuhkan atau membutuhkan oleh komponen anda yang butuh di salurkan.Penyaluran ini dinamakan " Bus".Bus ini membawa data kemana data itu diperlukan melalui chipset.Pengecualian dari fungsi adalah pada BSB (Back side Bus) BSB adalah bus antara CPU dan Cache Memori. Sekarang ini CPU mempunyai cache memori On-chip sehingga tidak perlu melalui chipset.
BSD hanya mendikte speed antara CPU dengan cache memori.Memori bus speed ada pada Bus yang berbeda dan speed (kecepatan) ini dapat berubah tergantung keadaan. Diluar dari BSB semua buses melewati chipset didalam mendapatkan arah kemana mereka harus membawa data tersebut. Sebab jumlah data yang melewati chipset ini sangat penting chipset menjadi lebih cepat.
Chipset apa?
Sejak kita mengetahui sekarang bahwa chipset menangani data yang begitu besar, adalah penting melihat chipset yang mana yang terbaik. Pertama-tama untuk memilih sebuah chipset yang mengsupport CPU anda. Anda tidak dapat dengan sengaja memilih chipset yang didesain untuk Intel CPU jika anda menggunakan Athlon XP. Kemudian cara terbaik untuk melihat chipset mana yang terbaik anda dapat melihat pada beberapa website bencmarks. Chipset yang lambat dapat merusak kecepatan keseluruhan sistem anda seperti CPU yang lambat dan memori yang lambat. Komponen yang paling lambat selalu mendikte kecepatan sistem keseluruhan setiap waktu. Jika anda mempunyai performance chipset yang buruk, maka setiap waktu komputer anda mengirimkan dan menerima data dari grafik card atau memori utama , maka sistemnya akan bekerja berat.
Apakah itu mempengaruhi kecepatan grafik anda?
Seperti yang dijelaskan diatas chipset bertanggung jawab atas data langsung dari AGP bus, jadi hal ini mempengaruhi performance grafik dari mesin anda.Tetapi hal ini juga berefek pada cara lain.Anda akan menyadari ketika anda membeli grafik card maka akan tertulis pada apa AGP bus dapat dipakai seperti 1x,2x,4x atau 8x hal ini menjelaskan berapa chanel AGP bus dapat digunakan untuk mengirimkan data dari grafik card ke memori utama. Chipset yang mensupport 8 chanel pada grafik card dapat mengirimkan data yang sangat besar perdetiknya.Chipset tidak dapat merubah kecepatan transmisi sebesar 66Mhz (AGP standard).
Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger