Home » , » Mempercepat Kinerja Komputer Dengan Virtual Memory

Mempercepat Kinerja Komputer Dengan Virtual Memory

Written By Syahrullah Syam on Kamis, 29 Desember 2011 | Kamis, Desember 29, 2011

Mempercepat Kinerja Komputer Dengan Memori virtual (dalam bahasa Inggris: virtual Memory) adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap partition.

Dalam sistem operasi berbasis Windows NT, terdapat sebuah komponen yang mengatur memori virtual, yakni Virtual Memory Manager (VMM). VMM dapat memetakan alamat-alamat virtual yang dimiliki oleh sebuah proses yang berjalan ke dalam page memori fisik di dalam komputer. Dengan cara begini, setiap proses pun dapat memperoleh memori virtual yang cukup agar dapat berjalan, dan yang terpenting adalah setiap proses tidak mengganggu memori yang sedang digunakan oleh proses lainnya. VMM menangani paging antara RAM dan page file, dengan memindahkan page dengan menggunakan sebuah cara yang disebut sebagai demand paging. Hasilnya, setiap aplikasi 32-bit pun dapat mengakses memori hingga 4 gigabyte (meskipun Windows hanya membatasi proses yang berjalan dalam modus pengguna hanya sebatas 2 GB saja).

Teknik memori virtual akan memudahkan pekerjaan seorang programmer ketika besar data dan programnya melampaui kapasitas memori utama. Sebuah multiprogramming dapat mengimplementasikan teknik memori virtual sehingga sistem multiprogramming menjadi lebih efisien. Contohnya: 10 program dengan ukuran 2 MB dapat berjalan di memori berkapasitas 4 MB. Tiap program dialokasikan 256 Kbyte dan bagian - bagian proses (swap in) masuk ke dalam memori fisik begitu diperlukan dan akan keluar (swap out) jika sedang tidak diperlukan.
Prinsip dari memori virtual adalah bahwa "Kecepatan maksimum ekseskusi proses di memori virtual dapat sama, tetapi tidak akan pernah melampaui kecepatan eksekusi proses yang sama di sistem yang tidak menggunakan memori virtual".

cara membuat virtual memory sebagai berikut :
1. masuk ke control panel
2. klik system

3. klik advanced system setting

4. pada performance klik setting
 5. klik advanced

6. kemudian klik change..
6.  abaikan partisi C, gunakan partisi E atau F atau partisi yang mana saja yang anda punya untuk membuat  virtualnya. disini saya menggunakan partisi F. bisa lihat gambar di bawah.
7. jika anda memiliki Ram 1G maka Initial size(Mb) kali dengan 1500 Mb
    contoh : Ram 1G maka initial size nya 1 x 1500Mb= 1500Mb
    disini saya menggunakan RAM 2G maka 2x 1500Mb = 3000 Mb
    
    Maximum Size (Mb) nya yaitu initial size tadi dikali 3 jadi 3x 3000 = 6000
    lihat gambar dibawah..
 
8. klik set kemudian ok
selesai..


Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger