Home » , » TEKNIK PENGUTIPAN KALIMAT

TEKNIK PENGUTIPAN KALIMAT

Written By Syahrullah Syam on Kamis, 08 Desember 2011 | Kamis, Desember 08, 2011

Contoh Teknik Pengutipan Kalimat pada skripsi
Mengutip atau merujuk dapat dilakukan dengan mengambil pendapat atau temuan orang lain, baik langsung maupun tidak langsung. Pengutipan semacam itu dilakukan dengan merujuk kepada nama penulis dan karyanya yang dimaksud. Nama penulis yang dipakai adalah nama keluarga, nama marga atu nama akhir tanpa menulsikan gelar atau jabatannya.  Apabila sumber yang dikutip ditulis satu dan/atau dua orang, maka nama penulis dituliskan semua pada setiap kali diacu. Bila yang dikutip adalah sumber yang ditulis oleh tiga penulis, maka nama penulis pertama saja yang ditulis diikuti singkatan dkk. (dan kawan-kawan) atau singkatan et al. Misalnya Abdullah, dkk atau bandura, et al.
Apabila ada beberapa karya yang dterbitkan pada tahun yang sama dan ditulis oleh orang yang sama, maka penulisan tahun terbitan diikuti huruf abjad latin secara kronologis (a, b, s, dst) berdasarkan abjad awal judul karya tersebut. Misalnya: buku yang ditulis Pattaufi yang diterbitkan pada tahun 2001 berjudul (1) Studi Kasus, dan (2) Psikologi Perkembangan Sosial Anak TK. Cara penulisannya adalah untuk kutipan buku pertama: Pattaufi (2001a) dan untuk kutipan buku kedua: Pattafi (2001b).
1. Kutipan Langsung
Kutipan langsung adalah kutipan dengan menggunakan bahasa yang sama dengan sumber rujukan (penulis dan karyanya). Kutipan langsung yang tidak lebih dari tiga baris, ditulis sebagai bagian terpadu dalam teks utama di antara tanda kutip “…..” diikuti nama penulis, tahun, dan nomor halaman. Nama penulis dapat ditulis secara terpadu dalam teks atau ditulis menjadi satu dengan tahun publikasi dan nomor halaman yang ditulis dalam kurung. Contoh kutipan langsung dimana nama penulis, ditulis dalam teks secara terpadu.
Ansar (1996:150) menyimpulakn “ada hubungan positif antara pola asuh orang tua yang demokratis dan perkembangan kemandirian remaja putus sekolah”.
Sedangkan contoh kutipan dimana nama penulis, ditulis bersama dengan tahun penerbitan dan nomor halaman, adalah sebagai berikut:
Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah “ada hubungan positif antara pola asuh orang tua yang demokratis dan perkembangan kemandirian remaja putus sekolah”. (Ansar, 1996:150).
Kutipan langsung yang lebih dari tiga baris ditulis secara terpisah dari teks yang mendahului ataupun yang mengikuti atau dalam alinea tersendiri tanpa tanda kutip dan diketik lima ketukan (space) dari pias kiri dan kanan dengan spasi tunggal. Nama penulis, tahun publikasi, dan nomor halaman dapat ditulis mendahului kutipan atau diakhiri kutipan yang terpadu dengan kutipan tersebut. Contoh kutipan langsung yang nama penulis, tahun publikasi, dan nomor halaman ditulis mendahului kutipan:
Prayitno dan Rudi (1994:10) menformulasikan pengertian bimbingan sebagai berikut:
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli kepada orang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa; agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri; dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Contoh kutipan langsung yang nama penulis, tahun publikasi, dan nomor halaman ditulis diakhir kutipan yang terpadu dengan kutipan tersebut:
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli kepada orang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa; agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri; dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku. (Prayitno dan Rudi, 1994:10).
Apabila dalam mengutip langsung ada kata-kata atau kalimat yang dibuag, maka kata-kata yang dibuang diganti dengan tiga titik (tanda ellips) dan apabila kata yang dibuang diakhir kalimat diganti dengan empat titik.
Contoh:
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli kepada orang atau beberapa orang individu, … dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku. (Prayitno dan Rudi, 1994:10).
2. Kutipan tidak langsung
Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang ditulis dalam bahasa penulis sendiri, tanpa mengubah makna sumber acuan. Kutipan seperti ini ditulis terpadu dengan teks dan tidak diberi tanda kutip. Nama pengarang dapat diketik terpadu dalam teks, atau diketik dalam kurung bersama tahun terbitnya. Nomor halaman tidak perlu disebutkan.
Contoh:
Prayitno dan Rudi (1994) mengartikan bimbingan sebagai proses pemberian bantuan kepada seseorang atau beberapa orang individu agar dapat mengembangkan kemampuan dan kemandiriannya berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Bimbingan diartikan sebagai proses pemberian bantuan kepada seseorang atau beberapa orang individu agar dapat mengembangkan kemampuan dan kemandiriannya berdasarkan norma-norma yang berlaku (Prayitno dan Rudi, 1994) 

Share this article :
 
Support : Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua | Blog SEO Arul
Copyright © 2013. Amalkan Ilmu Berbagi Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger